1.      SEJARAH IOS
IOS (Iphone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV Tidak seperti WIndows phone, Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store  Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.  SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google. Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad).Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan.
Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple. Di iOS, ada empat lapisan abstraksi, yaitu Core OS, Core Services, Media, dan Cocoa Touch. Versi terbaru sistem operasi ini (iOS 6.0) menyisihkan 1-1,5 GB memori perangkat bergerak untuk partisi sistem dengan memakai 800 MB partisi (tergantung model) untuk iOS-nya saja.
2.      FUNGSI
Pada WWDC 2012 yang diadakan bermula daripada hari ini, Apple secara rasminya telah pun memperkenalkan platform mudah-alih generasi baru mereka, yaitu iOS 6 yang mana membawakan berbagai fungsi baru bersama-sama dengannya, dimana antaranya adalah sokongan integrasi Facebook dan juga aplikasi peta yang baru.
a.      Maps

Seperti kami kongsikan sebelum ini, iOS 6 bakal didatangkan bersama-sama dengan perkhidmatan peta yang baru, mengantikan Google Maps yang digunakan sebelum ini. Ia juga turut didatangkan bersama-sama pelbagai fungsi menarik, termasuk paparan dalam bentuk 3D, sokongan info trafik masa-nyata, dan juga sokongan navigasi. Namun, ia masih tidak diketahui sepenuhnya sama ada kesemua fungsi ini boleh digunakan pengguna seluruh dunia ataupun sebaliknya.
b.      Integrasi Facebook
Jikalau pada tahun lepas, Apple membawakan sokongan integrasi Twitter, kali ini, Facebook pula diintegrasikan dengan menyeluruh pada iOS 6. Para pengguna kini dengan mudah boleh berkongsi gambar terus daripada kamera dan galeri, berkongsi lokasi dari peta, berkongsi pautan menarik daripada Safari dan sebagainya. Ia juga turut diintegrasikan pada AppStore, membolehkan anda melihat aplikasi menarik yang di “Like” rakan-rakan anda, sekaligus menjadikan AppStore lebih sosial lagi.
c.       Lain-lain
Selain daripada apa yang dinyatakan, iOS 6 juga membawakan kemaskini kepada cara menjawab panggilan, membolehkan anda menjawab panggilan suara dengan mesej, ataupun mengaktifkan sokongan Do Not Disturb untuk mengelakkan anda diganggu pada sesuatu masa.
Aplikasi pengurusan emel, dan juga pelayar web Safari turut menerima kemaskini, membawakan pelbagai perkara baru bersama-sama dengannya. iOS 6 bakal dilancarkan kepada umum dalam masa beberapa bulan lagi, dan sementara itu, bagi para pembangun, iOS 6 Beta telah pun diperkenalkan, membolehkan mereka membangunkan aplikasi dan mengoptimasikan untuknya.
3.      KEBUTUHAN HARDWARE
a.      Hardware:
1)      Mac hardware: iMac, Mac Mini, MacBook/MacBook Pro
2)      Intel processor: 2.26 GHz atau lebih besar
3)      4GB RAM atau lebih besar
4)      Hard-drive free space: 20G
b.      Tools & other software:
1)      Xcode 4.x (yang terbaru)
2)      Sqlite Manager: SQLiteManager, Base, atau sejenis
3)      iTunes 10.x (yang terbaru)
4.      LANGKAH INSTALASINYA
a.     Cara Menginstal IOS 6
Setelah Anda mengecek bahwa perangkat Anda mampu menjalankan iOS 6, inilah yang perlu Anda miliki untuk upgrade:
·         iPhone
·         Jika Anda memasang kabel, yang valid koneksi Wi-Fi;
·         Jika Anda menginstal melalui iTunes, komputer Anda dan versi terbaru dari iTunes (Anda dapat download from Apple’s website).
Kami juga menyarankan agar Anda membuat cadangan dari perangkat Anda sebelum melanjutkan: Jika Anda melakukan update lurus, cadangan mencegah Anda dari kehilangan data apapun dalam hal terjadi sesuatu yang miring ke bawah garis, jika Anda melakukan pembaikan dari Anda perangkat sebelum Anda menginstal IOS 6, Anda akan membutuhkan cadangan terakhir untuk memulihkan informasi Anda.

Sebelum memperbarui, Anda dapat memaksa cadangan dari perangkat di iTunes. Untuk membuat cadangan menggunakan komputer Anda, hubungkan perangkat Anda ke komputer Anda menggunakan USB-to-dock-konektor kabel, buka iTunes, pilih perangkat Anda di sebelah kiri, kemudian tekan tombol Sync ke kanan. Hal ini otomatis harus memperbarui backup iTunes Anda. Jika perangkat Anda sudah terhubung ke komputer Anda, Anda hanya dapat Kontrol-klik (atau klik kanan) perangkat dalam daftar sumber iTunes di sebelah kiri dan pilih Back Up dari menu pop-up selanjutnya.
Jika perangkat Anda dikonfigurasi untuk kembali ke iCloud (di layar iCloud dari aplikasi Pengaturan), Anda dapat memaksa cadangan dengan pergi ke layar iCloud, menekan Storage & Backup (dekat bagian bawah layar), dan kemudian menekan Kembali sampai Sekarang (sekali lagi, di dekat bagian bawah layar).

a.     Upgrade Ke iOS 6
Ada dua cara untuk memperbarui iPad Anda, iPhone, atau iPod touch ke iOS 6: over the air (yang berarti atas Wi-Fi jaringan lokal) atau dari komputer Anda. Update Over-the-air yang mudah-asumsi Anda memiliki jaringan-tapi Wi-Fi dapat diandalkan update ditambatkan lebih cepat.
1)      Menginstal pembaruan melalui udara
Jika Anda telah menggunakan perangkat IOS sebelumnya, Anda mungkin cukup akrab dengan proses download update aplikasi dari App Store app: Ketika lencana merah kecil muncul di sudut kanan atas App toko icon, Anda membuka App Store, arahkan ke tab update, dan men-download update aplikasi Anda sekaligus atau satu per satu. Proses update untuk iOS 6 adalah sama, meskipun bukannya pergi ke App Store, Anda menggunakan aplikasi Setting.
Pergi ke Settings→Umum→Software Update untuk memeriksa update  iOS 6.

Seperti dengan App Store, perangkat iOS yang menjalankan iOS 5 atau yang lebih baru secara berkala memeriksa update baru iOS. Ketika salah satu tersedia, lencana merah muncul di app Pengaturan, untuk men-download pembaruan, Settings terbuka dan arahkan ke General ->Software Update. Di sana, Anda melihat beberapa informasi singkat tentang pembaruan dan tombol untuk menginstalnya. (Jika Anda tahu pembaruan tersedia, namun perangkat Anda belum menunjukkan hal itu, Anda dapat memaksa IOS untuk memeriksa pembaruan dengan menavigasi ke layar Software Update.)
Anda tidak ingin perangkat Anda untuk menutup sebelum instalasi selesai, jadi pastikan bahwa ia memiliki 50 persen atau lebih dari muatan baterai yang tersisa, atau terhubung ke sumber listrik, sebelum Anda mulai menginstal update melalui udara.
Pembaruan OS disebut delta update, karena hanya berisi bagian-bagian dari sistem operasi yang telah berubah antara versi baru dan satu perangkat Anda sedang berjalan. Ini berarti update delta jauh lebih kecil dari pembaruan lengkap, sehingga Anda dapat men-download mereka hampir di mana saja Anda memiliki layak Wi-Fi-Anda tidak perlu khawatir tentang harus menunggu satu jam sementara download file 500MB.
Perangkat Anda melanjutkan untuk mendownload update, kemudian restart dan menginstalnya sebelum menyapa Anda dengan layar Selamat Datang adat.
Layar setup meminta Anda beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan Layanan Lokasi, Siri, dan banyak lagi. (Lompat ke “Set Up Anda Perangkat iOS” untuk melanjutkan.)
2)      Instal pembaruan dari komputer
Jika Anda tidak petualang, Anda dapat memilih untuk menginstal pembaruan perangkat lunak dengan cara kuno. Tidak masalah: Hanya dengan menghubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan kabel USB-to-dock-konektor standar, dan kemudian memeriksa update iOS menggunakan iTunes.
Ketika menginstal menggunakan iTunes di komputer Anda, klik Periksa Untuk iTunes Pembaruan kekuatan untuk melihat apakah versi baru iOS tersedia. Secara teori, pertama kali Anda membuka iTunes dengan iOS 6-kompatibel perangkat yang terhubung ke komputer Anda, iTunes akan meminta Anda untuk men-download iOS 6.
Dalam prakteknya, hal ini tidak mungkin terjadi secara otomatis-misalnya, komputer Anda mungkin belum diberitahu tentang ketersediaan update itu, karena Apple gulungan keluar update secara bertahap. Anda dapat memaksa iTunes untuk memeriksa update: Cukup klik tombol Periksa Untuk Update di layar Ringkasan untuk perangkat Anda. Dengan asumsi bahwa semuanya bekerja dengan benar, iTunes harus mulai men-download iOS 6 dari server Apple.
Anda dapat melakukan tugas-tugas lain sambil menunggu download selesai, setelah itu terjadi, restart perangkat Anda dan mulai menginstal perangkat lunak. Ketika update selesai, Anda akan melihat pesan bahwa perangkat Anda telah diperbarui dan restart. Proses harus melestarikan semua data dan aplikasi-Anda hanya memiliki versi baru iOS mengkilap setelah restart perangkat Anda. (Lompat ke “Set Up Anda Perangkat iOS” untuk melanjutkan.)
5.      SUPPORTING DENGAN PERANGKAT EXTERNAL
iOS 6 dilengkapi dengan lebih dari 200 fitur baru yang akan membuat iPhone, iPad, dan iPod touch yang lebih baik, tapi ada beberapa peringatan: pertama, tidak berjalan pada semua perangkat keras, dan kedua, pada beberapa perangkat yang didukung fitur set akan terbatas. Kita akan mengurutkan semua yang keluar.
a.      Perangkat yang didukung oleh iOS 6
Menurut Apple, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPad 2, iPad 3, dan iPod touch 4th gen semua akan berjalan iOS 6. Terasa absen dari lineup perangkat yang didukung adalah iPad 1 dan iPod touch 3rd gen, meskipun mereka perangkat yang memiliki hardware yang sama dengan beberapa perangkat keras pendukung lainnya. Jika Anda memiliki salah satu perangkat yang lebih tua, mempertimbangkan upgrade jika Anda ingin fitur terbaru dan terbesar.
b.      iOS 6 Feature Compatibility
Di sinilah hal-hal yang sedikit lebih rumit: Bahkan jika iPhone atau iPad dapat menjalankan iOS 6 yang tidak berarti itu akan mendukung semua fitur. Beberapa perbaikan lebih diantisipasi dan menonjol di iOS 6 seperti FaceTime melalui 3G tidak akan didukung pada iPhone 4 atau 3GS misalnya, dan Siri akan datang ke iPad 3 tapi tidak iPad 2. Dan banyak dari fitur yang paling menarik tidak akan bekerja sama sekali pada iPhone 3GS, dan nyaris tidak didukung oleh iPhone 4. Jika ini terdengar rumit itu benar-benar tidak, tetapi untuk membantu menguraikan yang satu fitur yang lebih besar akan bekerja dengan apa, MacRumors mengumpulkan grafik membantu.

Anda akan melihat itu hanya hardware terbaru yang sepenuhnya kompatibel dengan sebagian besar fitur utama dari iOS terbaru, namun perlu diingat bahwa semua hardware yang didukung akan mendapatkan manfaat dari perbaikan yang lebih kecil, dengan hal-hal seperti iPhone fitur panggilan baru, Dipandu akses, Single modus App, integrasi Facebook, Jangan Ganggu, dan semua dari banyak perbaikan yang lebih halus.

6.      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IOS 6 APPLE IPHONE
iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil.

Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan  kelebihan dan kekurangan iOS 6 itu sendiri.

a.      Kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Penambahan fitur atau Kelebihan iOS 6 yang sangat menonjol antara lain:

1)      Facebook Integration

Di iOS 6 Facebook sudah terintegrasi dengan upload foto ke Facebook secara langsung dari camera, share lokasi kita berada ke Facebook dengan menggunakan Apple Maps, serta tampilan Contact yang lebih lengkap dengan terintergrasinya profile teman dengan contact. 

2)      VIP Inbox Mail


Tambahan menu VIP di inbox mail, yang berguna untuk mengelompokkan contact dan beserta pesan emailnya.

3)      Penambahan Fitur Browser Safari
Safari yang merupakan browser Apple tidak lepas dari penambahan fitur di dalamnya.Beberapa penambahan fitur di browser safari diantaranya adalah Tab iCloud, Full Screen Landscape, Offline reading list.
4)      Aksesibilitas
Aksesibilitas merupakan salah satu fitur unik yang tersedia di iOS 6 yang digunakan untuk membatasi tombol di perangkat tersebut.Fitur Aksesibilitas dari iOS 6 ini sangat berguna bagi seseorang yang memiliki kekurangan pada pendengaran, penglihatan dan autisme.
5)      Find My iPhone
Dengan adanya aplikasi Find my iPhone, anda dapat dengan mudah melacak, memberi peringatan, bahkan memformat iPhone kita jika hilang atau ketika seseorang telah mencurinya dari kita atau ketika iPhone tersebut terjatuh sehingga kita sangat susah untuk mencarinya.
6)      Find My friends
Fitur Find My Friends memungkinkan kita selalu terhubung dan mengetahui posisi teman berada. Dengan find my friends, kita dapat melihat dimana teman anda sekarang berada.

b.      Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Kekurangan atau pengurangan fitur iOS 6 yang sangat menonjol antara lain:

1)      Youtube tidak tersedia secara default

Di iOS 6 ini kioni tidak ada lagi aplikasi Youtube secara default. dan jika kita ingin menonton Video Youtube, maka kita harus menginstall dulu aplikasi youtube dari App Store. Berbeda dengan iOS 5 atau iOS sebelumnya, dimana aplikasi Youtube sudah tersedia secara default.

2)      Google Maps diganti Apple Maps
Aplikasi lain yang hilang dari iOS6 adalah Google Maps, sebagai gantinya kini hadir Apple Maps. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Google Maps, akan sedikit kecewa, karena kini di iOS 6 tidak ada Google Maps secara default.
3)      Jailbreak
Khusus bagi para Jailbreaker, proses Update ke iOS 6 ini akan menghilangkan semua Jailbreak yang pernah dilakukan. Dan dikarenakan sistem operasi iOS 6 ini masih baru, maka kemungkinan masih akan lama munculnya Jailbreak untuk iOS 6. Dan bagi yang suka  mengoprek iPhone atau iPad atau sering menginstall aplikasi via Cydia atau lewat Installous, sebaiknya hindari dulu update ke iOS6 ini dan tunggu sampai Jailbreak iOS6 di release.

0 komentar:

Plaas 'n opmerking